BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan
tujuan memperoleh hasil berupa keuntungan, upah, atau laba usaha. Sebuah uasaha
harus didasari terlebih dahulu perencanaan, karena perencanaan usaha merupakan
suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk
menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan
menarik bagi penyandang dana.
Perencanaan usaha akan membuat kita dapat melihat
dengan jelas apakah usaha yang dijalankan nanti memiliki prospek keberhasilan
yang tinggi dan juga harus bisa menyakinkan orang lain tidak akan merugi bila
melakukan kerjasama.
Perencanaan usaha juga harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, sehingga perencanaan usaha harus berbasis pada permintaan pasar.
“Seorang pengusaha yang tidak bisa membuat perencanaan usaha sebenarnya sedari awal telah merencanakan kegagalan bagi kegiatan usahanya”.
Perencanaan usaha harus dapat menjawab pertanyaan: “Where am I now? Where am I going? How will I get there?”
Perencanaan usaha juga harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut, sehingga perencanaan usaha harus berbasis pada permintaan pasar.
“Seorang pengusaha yang tidak bisa membuat perencanaan usaha sebenarnya sedari awal telah merencanakan kegagalan bagi kegiatan usahanya”.
Perencanaan usaha harus dapat menjawab pertanyaan: “Where am I now? Where am I going? How will I get there?”
Untuk itu saya mencoba berwirausaha
dibidang makanan ringan yaitu “Setik Judes”
1.2 Data Perusahaan
Struktur Organisasi
Yulina Merrys Pradipta
(CEO)
Reza Zamzami
Bya
(General Manager)
Yenuar Iken
Pradipta
(Marketing Manager)
Ayesa Jauza
(Financial Manager)
Sartono
(Production Manager)
BAB
II
LANDASAN
TEORI
Setik
judes dengan lima variant rasa yaitu original, keju, pedas, dan jagung bakar
ini adalah salah satu makanan ringan yang mengandung gizi. Terutama protein dan
karbohidrat. Sesuai dengan namanya setik, setik judes ini berbentuk panjang.
Setik judes aman dikonsumsi karena highgenis dalam pembuatan dan packingannya.
Setik judes ini sangat renyah dan gurih, aroma yang
khas serta kandungan gizi yang baik. Baik disajikan kapan saja, bias juga untuk
camilan diperjalanan maupun diacara-acara seperti pengajian, arisan, atau
kumpul keluarga. Ukuran pembungkusan setik judes ada dua bentuk, yaitu besar
dengan harga 15000/pcs sedangkan yang kecil seharga 5000/pcs.
Karena kurangnya modal oleh karena itu jangkauan
pemasarannya belum cukup luas. Tidak hanya di distribusikan ke warung warung
tetapi kami menerima pesanan.
BAB III
ANALISIS PEMASARAN DAN PASAR
3.1 Produk atau Jasa yang dihasilkan
Keistimewaan dari
Stik Judes
·
Berbagai farian rasa seperti : Pedas, original,
jagung bakar, dan keju
·
Dapat dipesan untuk oleh oleh, dan acara seperti
arisan, pengajian, dll
·
Untuk camilan sehari hari
3.2 Bauran pemasaran atau analisi P4
1. Produk
·
Type :
makanan ringan
·
Brand :
“Stik Judes”
·
Quality :
berbagai rasa, renyah, dan gurih
2. Price
·
Price List :
Rp 15.000 (besar)
: Rp 5000
(kecil)
3. Promotion
·
Personal Selling :
Menjual secara langsung kepada konsumen dan distribusikan ke warung warung
4.
Place
·
Disekitar daerah Bekasi dan Jakarta Timur
3.3 Target dan Segmentasi Pasar
·
Geografi
“Setik
Judes” ini ditawarkan atau dijual di daerah Bekasi, Jakarta timur,dan juga di
distribusikan di warung warung daerah Bekasi dan jakarta Timur. Karena sekarang
ini banyak sekali orang membutuhkan makanan ringan untuk camilan atau hidangan
yang siap saji. Untuk itu kami membuat makanan ringan yang sehat dan aman
dikonsumsi setiap hari.
·
Demografi
Segmentasi
ini tidak bermasalah meskipun orang orang belum mengenal stik Judes, kami yakin
dengan di distribusikan ke warung dan membuka stand disetiap event, pasti orang
orang akan mengenal setik judes.
3.4 Strategi Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis pada Masyarakat
Produk
yang kami buat ini adalah makanan ringan yang pasti dicari oleh konsumen untuk
acara tertentu, dan makanan yang dapat dimakan kapan saja. Stik Judes memiliki
4 rasa : Pedas, original, jagung bakar, dan keju. Untuk yang menyukai makanan
ringan sangat cocok
2. Membangun jaringan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Kami sangat menerima
kritik dan saran dari konsumen serta kami bersedia mengikuti workshop, agar
mengembangkan jaringan dan relasi.
3. Menciptakan Inovasi pada Desaign yang Ditawarkan
Setik Judes dengan berbagai macam variant rasa
4. Meningkatkan Kualitas Pelayanan
Kami berencana untuk mempromosikan produk kami bukan secara
langsung menawarkan kepada konsumen tetapi juga mendistribusikan ke
warung-warung terdekat.
3.5 SWOT
A.
STRENGTH (KEKUATAAN)
Harga
terjangkau
Rasanya
membuat konsumen tidak kecewa
Banyak variant rasa
B.
WEAKNESS(KELEMAHAN)
Jangkauan
pemasaran masih terbatas
Porsi sedikit
C.
OPORTUNITIES (PELUANG)
Minat tinggi konsumen akan makanan ringan untuk camilan sehari-hari
D.
THREATS
(ANCAMAN)
Banyak pesaing yang menjual
produk yang sama
Banyaknya pesaing
yang menetapkan harga murah
3.6 TOWS
A. SO
Menjual
dengan harga yang terjangkau
Memperluas
jangkauan pemasaran
B. WO
Mempertahankan
komposisi bahan
C. ST
Menjaga keorisinilan rasa dan meningkatkan kualitas produk
D. WT
Menjaga harga walaupun bahan baku
naik
Mencoba inovasi rasa baru
|
|
BAB IV
ANALISIS PRODUKSI
4.1
Modal Usaha
Modal Usaha
|
|
Modal Investor
|
5.000.000
|
Modal Setik judes
|
2.000.000
|
4.2 Bahan Baku dan Pembuatan
Bahan-bahan
untuk membuat setik judes:`
·
Tepung Terigu
·
Telur
·
Garam
·
Bubuk perasa pedas, jagung bakar, keju, dan asin
manis
·
Minyak goreng
·
Gula
Alat Untuk
Membuat setik judes:
·
Wajan
·
Spatula
·
Baskom
·
Sutil
Bahan Penolong:
·
Gas
·
Plastik
·
Strepless
Keunggulan dalam proses yang dibuat:
1.
Bahan
baku yang mudah didapat.
2.
Proses
penyajian mudah dan cepat
3.
Peralatan
yang dibutuhkan mudah digunakan
4.3 Proses Produksi
Material :
1. Stik judes : tepung terigu, telur, garam,
gula
2. Rasa : bubuk rasa pedas, jagung bakar, asin
manis, dan keju
Persiapan Material
Proses Produksi
Penataan
Penyajian
4.4 Kapasitas Produksi
1. Kapasitas produksi rata-rata per
bulan 1000pcs/bulan
2. Target Kapasitas produksi per
bulan 1000pcs/bulan
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Produk yang kami buat ini adalah makanan ringan yang
pasti dicari oleh konsumen untuk acara tertentu, dan makanan yang dapat dimakan
kapan saja. Stik Judes memiliki 4 rasa : Pedas, original, jagung bakar, dan
keju. Untuk yang menyukai makanan ringan sangat cocok.
Setik Judes ini ditawarkan atau
dijual di daerah Bekasi, Jakarta timur,dan juga di distribusikan di
warung warung daerah Bekasi dan jakarta Timur.
Karena sekarang ini banyak sekali orang membutuhkan makanan ringan untuk
camilan atau hidangan yang siap saji. Untuk itu kami membuat makanan ringan
yang sehat dan aman dikonsumsi setiap hari.
Setik
judes dengan lima variant rasa yaitu original, keju, pedas, dan jagung bakar
ini adalah salah satu makanan ringan yang mengandung gizi. Terutama protein dan
karbohidrat. Sesuai dengan namanya setik, setik judes ini berbentuk panjang.
Setik judes aman dikonsumsi karena highgenis dalam pembuatan dan packingannya.
Dengan harga 15.000/pcs ukuran besar, dan 5.000/pcs ukuran kecil.
5.2 Rencana Pengembangan
Pemasarannya diperluas dan produksi nya
diperbanyak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar