Efektivitas
komunikasi bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnya ditentukan beberapa
hal :
- Persepsi. Komunikator harus dapat memprediksi apakah message yang disampaikan dapat diterima komunikan.
- Ketepatan. Komunikan atau audience memiliki kerangka piker. Agar komunikadi yang dilakukan tepat sasaran, komunikator perlu mengeksperikan hal yang ingin disampaikan sesuai dengan kerangka piker komunikan.
- Kredibilitas. Dalam berkomunikadi komunikator perlu memiliki suatu keyakinan bawah komunikan dapat dipercaya. Sebaliknya dia juga harus bisa mendapatkan kepercayaan dari komunikan.
- Pengendalian. Dalam komunikasi, komunikan memberika reaksa/umpan balik/feedback terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi ini harus bisa diantisipasi sekaligus dikendalikan oleh komunikator sehingga tidak melenceng dari target komunikasi yang diharapkan.
- Kecocokan. Komunikator yang baik selalu dapat menjaga hubungan persahabatan yang menyenangkan dengan komunikan.
Sementara
Ketrampilan meningkatkan efektivitas komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai
cara menyangkut komunikasi verbal non verbal, lisan maupun tulisan.
- Reading
- Listening
- Speaking dengan membuat dan atau melakukan percakapan menarik.
- Melakukan wawancara
- Kontak dengan kelompok-kelompok lain
- Membiasakan diri berpidato dan atau melakukan presentasi
- Writing dengan menulis surat, memo dan laporan.
- Komunikator ( Communicator ), penyampai pesan.
- Pesan ( message), lambang-lambang berarti yang disampaikan.
- Komunikan ( communican ), penerima pesan
- Efek ( Effect ), segala perubahan dalam diri komunikan yang ingin dicapai. Baik perubahan pengetahuan ( koginitif), perubahan perasaan (afektif) dan perubahan prilaku (konatif/behavioural).
Guna
memahami apa dan bagaimana dan seperti apa bussines communication
atau komunikasi bisnis, perlu difahami terlebih dahulu apa yang
dimaksud dengan komunikasi.
Secara general,komunikasi adalah proses penyampaian lambang-lambang berarti
(pesan) dari seorang komunikator kepada komunikan untuk menghasilkan efek
tertentu.
Dari defenisi umum dan sederhana tadi bisa terlihat sejumlah
unsure penting komunikasi itu sendiri, yakni :
Saat
proses komunikasi berlangsung, baik komunikan maupun komunikator mengeluarkan feedback
(umpan balik) terhadap pesan yang disampaikan masing-masing.
Dalam
aktivitas di suatu organisasi bisnis, komunikasi merupakan aktivitas urgent
yang memegang peranan sangat penting. Sebuah kegagalan dalam organisasi bisnis,
banyak yang disebabkan oleh kurang tertatanya komunikasi bisnis yang dilakukan
para pelaku di organisasi tersebu.
Komunikasi
bisnis (Communication Bussines) sejatinya adalah segala bentuk komunikasi
yang digunakan dalam dunia bisnis, mecakup berbagai macam bentuk komunikasi.
Baik komunikasi verbal, maupun non verbal
Komunikais
bisnis yang berhasil dengan baik, adalah komunikasi yang bisa dilakukan secara
efektif sesuai dengan situasi dan kondisi di organisasi bersangkutan. Pimpinan
yang baik, tahu dan faham benar macam dan bentuk komunikasi yang harus
diterapkan saar bicara dengan bawahan misalnya. Atau seorang salesman faham
menggunakan trik-trik approach komunikasi saat akan mempersuasi calon klien
atau pembeli.
Intinya,
jika dilakukan dengan tepat, baik dan efekti, komunikasi akan menjadikan salah
satu item penting penentu sukses tidaknya sebuah organisasi.perusahaan.
sumber
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar