Jumat, 06 Juni 2014

TIPS BIAR PD DI DEPAN UMUM

Bagaimana rasanya ketika kita disuruh berbicara di depan umum? tak jarang kita grogi, keluar keringat dingin, keringatan yang berlebihan, belum lagi deg-degan yang berlebihan yang membuat kita semakin tak bisa mengeluarkan kata-kata. Bicara di depan umum disini yang saya maksud ketika kita Presentasi, Pidato, jadi MC, atau yang lainnya. Lalu bagaimana mengatasi rasa yang sering dialami seperti itu? Singkatnya bagaimana sih membangun kepercayaan diri pada kita ketika akan bicara di depan umum?
Disini kita bagi Tips Percaya Diri (PD) Bicara di depan umum:
  1. Biar tetap PD Anda Bisa karena biasa- Nah seperti itulah kiranya Percaya diri itu dibangun dengan terbiasa. Percaya atau tidak sesuatu yang sering kita lkukan dari pada yang belum pernah kita lakukan itu akan berbeda kepercayaan diri kita ketika akan melakukan sesuatu hal itu. Nah dari itu saya yakin kalau kita sering bicara di depan umum lama lama rasa grogi dalam diri ini akan hilang.
  2. Biar tetap PD Hadapi saja – Nah jurus jitu yang kedua ini adalah kita menganggap apa yang sudah di depan kita itu harus di hadapi. Apabila kita masih belum mampu mengontrol rasa grogi kita anggap aja di depan kita itu tidak ada orang. Anggap aja kita tidak di tonton atau bahkan malah kita di depan memang untuk ngomong sendiri,. Hem dijamin akan sedikit lancar ketika Anda berpresentasi atau bicara didepan umum.
  3. Biar tetap PD semua sama saja -  Biar tetap bisa menceritakan lancar Anda harus rubah mindset bahwa kita harus di tuntut untuk bicara yang serius terus dan tidak bisa mengembangkan dengan kata-kata kita sendiri. Namun disini kita masih bisa membumbui dengan joke atau guyonan yang bisa di ungkapkan di sela pembicaraan. Dan anggap lah Anda seperti berbicara biasa dengan teman kita sendiri.
  4. Biar tetap PD jaga kondisi untuk tetap tenang - Ketenangan adalah kunci keberhasilan dalam membawakan pembicaraan ketika kita menjadi pemandu acara. Nah yang jelas cobalah untuk tetap tenang dalam segala kondisi
  5. Biar tetap PD kuasai bahan- Bahan juga merupakan salah satu kunci kita mampu mengembangkan kalimat. Jadi untuk kita agar mampu berbicara panjang lebar,.
  6. Biar tetap PD Pake Penampilan Yang cocok membuat Anda lebih PD – Nah ini merupakan salah satu hal yang penting dalam menjaga kondisi agar Anda tidak terlalu grogi. Penampilan, yah itu adalah salah satu yang biasanya kita bisa mampu berani tampil di hadapan orang-orang. Maka dari itu penampilang menjadi penting ketika mampu membuat kita beraksi dengan penuh kepercayaan diri.
  7. Biar tetap PD gunakan EYD yang benar- Walau bagaimanapun ketika Anda tampil di depan umum Anda akan dituntut menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Nah kalau Anda belum lancara bahasa indonesia secara baik ya tidak ada salahnya mulai sekarang Anda berusaha untuk mengusai bahasa indonesia secara baik.
  8. Biar tetap PD jangan lupa Komunikatif - Kalau kita akan membawa forum atau tampil di depan umum usahakan tetap dalam kondisi yang cermat dan cerdik. Kita harus tau kondisi audience. Pembawaan diri untuk selalu komunikatif dalam tampil di depan umum akan membuat kita semakin PD .
SUMBER
http://www.jagatpost.com/2013/02/tips-percaya-diri-bicara-di-depan-umum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar