Jumat, 06 Juni 2014

TIPS UNTUK LULUSAN MUDA YANG BELUM MEMPUNYAI PENGALAMAN

Kebingungan besar pasti akan dialami bagi mereka lulusan muda. Entah yang sibuk memikirkan masa depanlah, entah bagaimanan mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan lah, dan masih banyak keluh kesah lainnya yang membuat hati gundah gulanah. disini kita akan mengulas nih, beberapa tips untuk kita lulusan muda yang belum mempunyai pengalaman kerja, akan melamar di perusahaan yang kita inginkan.
Untuk mendapatkan jabatan atau posisi yang kita inginkan sebenarnya kita tak perlu menunggu pengalaman berkali kali untuk posisi itu. Cukup diberi kesempatan sekali namun mampu menunjukan yang terbaik dalam waktu yang semaksimal mungkin niscaya target akan tercapai. 
Disini ada beberapa hal yang perlu kita siapkan biar kita bisa belajar bersama berkarya di dunia kerja
  1. Lakukan riset, artinya kita harus belajar untuk memahami dan mengetahui selukbeluk tentang perusahaan dan secara garis besar tau tentang jabatan yang akan kita lamar.
  2. Tampilkan surat lamaran yang menarik dan menonjol. Kalau bisa malah berbeda dengan surat lamaran yang lain. Misalnya dalam perusahaan tidak ada ketentuan cover stopmap yang digunakan, nah kebanyakan orang akan membeli stopmap di toko dan semua warnanya kebanyakan coklat. Anda yang keratif bisa menggunakan stpmap buatan sendiri dengan kreasi yang berbeda misal dengan warna pink. Hem itu sudah tentu pasti akan menonjol dan bahkan membikin penasaran bidang HRD untuk membukanya.
  3. Bila nanti anda sudah sampai pada lingkup wawancara ajukan pertanyaan kepada pewawancara. Hal itu dimaksudkan untuk menunjukan antusias kita terhadap pekerjaan yang kita lamar.
  4. Cobalah belajar untuk menyampaikan terimakasih. Walaupun cara yang kita lakukan masih biasa misal dengan email, faksimail, surat atau apapun lah terhadap perusahan yang kita lamar
  5. Tunjukan semangat dan minat anda terhadap apa yang anda lamar, tapi ingat jangan berlebihan.  Minat dan semangat dalam bekerja akan menambahkan nilai tambah untuk anda. Apalagi kalau dibareng dengan etos kerja yang tinggi.
  6. Jangan putus asa kalau ditolak. Jangan putus asa apabila lamaran anda ditolak. Jadikan itu justru sebagai batu loncatanagar kamu mampu menunjukan bahwa perusahaan itu salah besar karena telah menolak saya.
SUMBER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar